Custom Search

Senin, 19 Desember 2011

Siapa yang bisa menolak seafood? Rasanya gurih dan sedikit manis dan beraroma gurih enak. Ada beberapa orang yang menghindari, karena dianggap berkolesterol yang tinggi. Padahal, makanan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Seafood adalah hewan yang berasal dari laut yang dapat dikonsumsi oleh manusia, seperti ikan, cumi-cumi, gurita, kerang, udang, lobster dan lainnya. Selain hewan tanaman lautpun juga dapat dimakan seperti rumput laut dan dimakan oleh seluruh dunia terutama di Asia. Seafood merupakan sumber protein penting untuk tubuh.

Seorang ibu di Wellesley, Amerika Serikat, Susan Bannon, hampir tidak pernah menyajikan ikan untuk keluarganya, dia khawatir tentang ikan yang terkontaminasi oleh merkuri dan PBC (Sirosis Billier Primer) yang dapat menyerang hati.

Susan tidak sendirian karena Amerika hanya mengkonsumsi 100 gram ikan dalam seminggu. Hasil tersebut tidak ada setengahnya dari angka anjuran makan ikan oleh USDA Dietary Guidelines, yang menyarankan untuk makan ikan sebanyak 250 gram dalam seminggu.

Manfaat makan ikan sangat besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 kali makan seafood dalam seminggu, dapat mengurangi resiko kematian akibat serangan jantung sekitar 30%. Ikan juga dapat mengatur detak jantung, menurunkan trigliserida dan tekanan darah, meredakan peradangan dan membuat pembuluh darah menjadi sehat.

Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa makan ikan dapat mencegah dan melawan kanker, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Juga menjaga kesehatan otak dan meringankan rasa sakit pada persendian.

Kandungan omega-3 pada makanan laut bermanfaat untuk kesehatan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan kecerdasan. Karenanya cocok bila dikonsumsi untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Seafood adalah paket nutrisi yang baik, kerena mengandung protein, vitamin D, seng, magnesium dan zat besi.

Jika ingin membeli seafood yang segar, pilihlah tempay yang berkualitas tinggi dan terpercaya. Pastikan tempat berjualannya berbau laut, tapi tidak sangat amis, bersih, terawat baik, ikan dan seafood lainnya diletakkan di atas tumpukan es. Bila ingin ikan selalu segar di rumah, Anda dapat membekukannya di dalam freezer.


sumber : Detik.com

0 Comments:

Post a Comment